Tips Merawat Bak Fiber Ikan Agar Lebih Awet


Perawatan adalah hal mendasar dalam menjaga usia pemakaian bak fiber ikan. Material ini pada dasarnya tergolong kuat, tapi pemeliharaan teratur tetap dibutuhkan. Bak fiber punya daya tahan tingkat tinggi dan ini memungkinkannya tahan lama meski dengan perawatan minimal. Hanya saja seperti kebanyakan material, sinar matahari tetap bisa menjadi masalah. Jika bak tidak ingin dipakai di luar ruangan, sebisa mungkin tempatkan di tempat yang teduh. Terkadang kita memanfaatkan indoor dan outdoor untuk meletakkan kolam. Jadi jika tidak terlalu mendesak, bak bisa ditempatkan di area yang teduh untuk memperpanjang usianya.

bak fiber ikan

Perawatan bak fiber ikan tidak sulit

Fiberglass tidak hanya dipakai untuk membuat kolam ikan saja. Material ini dipakai secara luas di bidang industri lainnya, seperti otomotif, rumah tangga, traveling, dll. Meja, kursi, tempat sampah, peralatan dapur, serta berbagai benda lainnya bisa dibuat dari material ini. Salah satu alasannya adalah karena fiberglass punya struktur yang kuat. Material ini dibuat berdasarkan konsep Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, jadi kekuatannya benar-benar teruji. Selain itu, bak fiber juga ringan terlepas dari kekuatan yang dimilikinya.

Banyak material yang tergolong kuat memiliki berat berlebih, membuatnya tidak efisien. Ini menjadi nilai lebih bagi fiberglass sebab material ini lebih mudah dipindahkan kemana-mana karena ringan. Untuk memperpanjang usianya, bak fiber juga perlu dipakai sebagaimana mestinya. Misalnya untuk memelihara ikan, pakailah wadah yang secara khusus dirancang untuk kolam bukan untuk kebutuhan lain. Produksi kolam fiber tentu sudah memperhatikan standarisasi tertentu, misalnya saja tekanan pada dinding. Bak fiber ikan biasanya akan diisi penuh oleh air agar ikan bisa bertahan hidup.

bak fiber ikan 2

Perawatan utama bak fiber ikan

Membersihkan bak fiber ikan secara reguler perlu dilakukan. Anda bisa mengelap bak sesekali waktu untuk menjaga kecerahan warnanya. Meski bak fiber bukan material yang mudah luntur, tapi perawatan akan membuatnya nampak lebih kinclong. Bagian yang paling penting untuk dirawat adalah gelcoat. Ini merupakan lapisan bagian atas dari fiber yang terbuat dari resin. Fungsinya adalah untuk memberi kilau pada material. Rawatlah bagian ini untuk mempertahankan keindahan bak lebih lama. Lalu, bagaimana cara merawatnya? Hindari paparan sinar matahari jika memungkinkan. Sinar matahari adalah ancaman bagi hampir semua material.

bak fiber ikan 3

Kita tahu bahwa fiber punya kekuatan untuk menangkal pengaruh negatif sinar UV, tapi warnanya tetap bisa kusam secara perlahan. Perubahan kondisi lingkungan seperti dari basah ke kering juga bisa mempengaruhi kemilau dari lapisan ini. Ada perawatan tambahan yang bisa dilakukan untuk menjaga struktur gelcoat, yaitu dengan menyemir. Oleskan wax secara merata pada permukaan bak, ini akan membantu memperlambat rusaknya lapisan gelcoat. Dengan begini, bak akan terlihat mengkilat lebih lama. Bak fiber ikan adalah wadah bernilai jual, jadi unsur estetis tetap harus dijaga jika anda berencana untuk menjualnya di kemudian hari. Wax yang dipakai tidak boleh sembarangan. Carilah yang memang dirancang khusus untuk fiberglass.

kolam ikan fiber 3

Menambal bak fiber ikan

Bak bisa rusak karena faktor tertentu, namun memperbaikinya sama sekali tidak sulit. Anda hanya perlu mempersiapkan lem fiber, serat fiber, dan kuas. Oleskan lem pada permukaan yang berlubang memakai kuas dan ulangi beberapa kali agar lubang tidak lagi terlihat. Jika lubangnya agak besar, serat fiber bisa dipakai untuk menambal. Susun serat fiber pada permukaan yang telah diolesi lem, lalu selanjutnya timpa kembali dengan lem agar benar-benar kuat.

Pemesanan bak fiber ikan

Jika berminat untuk membeli, kami jual bak fiber dan produk fiberglass lainnya (PT Ramdhani Jaya), segera hubungi Bpk. Kamsah Kertapernata 0812 3151 1935 (WhatsApp). Kami tunggu pesanan anda.

pesan via whatsapp

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 5 =