Kolam Fiber Untuk Alternatif Budidaya Lele 4


Lele termasuk ikan yang mudah dirawat, nama latin ikan lele berdasarkan wikipedia yaitu Clarias batrachus jadi budidaya ikan ini adalah peluang usaha yang menjanjikan. Bahkan dengan kolam terpal pun, lele bisa berkembang biak dengan cepat. Bisnis lele tetap potensial selama permintaan tetap ada. Kita tahu bahwa orang Indonesia sangat suka mengkonsumsi lele. Tidak susah untuk menemukan warteg atau stand pinggir jalan yang menyajikan menu pecel lele. Karena permintaan yang besar tersebut, ternak lele bisa menjadi alternatif usaha untuk meningkatkan pundi-pundi rupiah. Kolam fiber adalah pilihan yang tepat untuk budidaya lele karena punya banyak kelebihan. Pertama soal ukuran, kolam fiber diproduksi dalam skala besar dengan beragam ukuran. Anda bisa memulai usaha dengan beberapa bak kecil.

kolam fiber

Kolam fiber mendukung pertumbuhan lele

Lele termasuk ikan yang pertumbuhannya cepat, jadi ternak ikan ini bisa dirasakan hasilnya hanya dalam beberapa bulan saja. Biaya yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, bahkan tidak sampai belasan juta. Sebagiannya diperlukan untuk membeli media pemeliharaan, seperti kolam fiber. Kolam fiber punya harga yang lumayan mahal, tapi keuntungannya adalah lebih awet dibandingkan media lain seperti terpal. Anda hanya perlu membelinya sekali dan bisa dipakai selama bertahun-tahun.

Produk Lainnya :  Harga Jual Tangki Fiberglass, Instalasi Sistem Knockdown

kolam fiber 2

Kolam fiber tidak memakan banyak tempat

Kolam fiber diletakkan di atas tanah dan ketinggiannya bisa diatur. Luas areal yang dibutuhkan untuk membesarkan lele juga tidak banyak. Satu atau dua are sudah cukup untuk memulai budidaya. Lalu, bagaimana sebenarnya teknis budidaya lele? Ada dua alternatif. Yang pertama adalah memijah sendiri. Cara ini memakan lebih banyak waktu, tapi jika anda ingin tahu detil pemijahan ikan lele, tidak ada salahnya untuk mencoba. Ikan lele bisa bertelur di kakaban seperti banyak spesies ikan air tawar lain. Ikan biasanya memijah pada larut malam hingga pagi hari. Setelah selesai, indukan harus segera diangkat dari kolam fiber agar tidak memakan telur-telur yang telah dikeluarkan. Kalau tidak ingin repot, coba alternatif kedua yaitu dengan membesarkan benih ikan lele. Ini lebih praktis dan efisien. Biaya untuk membelinya tidak terlalu besar karena harga bibit lumayan murah, hanya ratusan rupiah perekor.

kolam fiber 3

Kolam fiber awet dan tahan lama

Kelebihan utama kolam fiber adalah awet meskipun diletakkan di tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari. Untuk budidaya di luar ruangan, jangan takut bak cepat rusak. Pertumbuhan lele juga tidak akan mengalami masalah asalkan faktor-faktor seperti aerasi dan kualitas pakan diperhatikan dengan baik. Pembudidaya biasanya memanfaatkan pakan buatan karena nilai gizinya tinggi. Pakan buatan bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko peternakan. Supaya harganya bisa lebih murah, solusinya adalah membeli dalam jumlah besar. Tapi jika ini untuk usaha kecil-kecilan / pemula, tidak usah menyetok pakan terlebih dahulu. Beli seperlunya saja.

Produk Lainnya :  Kontainer Bak Sampah Plat Besi Dan Fiberglass FRP

kolam fiber 4

Kolam fiber bisa menampung banyak benih

Ini juga merupakan salah satu keunggulan kolam fiber. Satu kolam bisa menampung 50 kg bibit bahkan lebih lebih tergantung dari ketinggian kolam. Pembesaran hanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 2,5 bulan. Benih awal beratnya bisa berkali-kali lipat setelah dipanen. Itulah mengapa budidaya lele sangat menggiurkan. Selain pemeliharannya mudah, panennya juga cepat. Bisnis ini bisa dilakoni oleh siapa saja, baik yang hobi memelihara ikan maupun yang masih awam. Bagi mereka yang masih awam dengan ternak lele, saat ini mudah mengakses informasi dari beragam sumber, salah satunya adalah internet. Dan untuk meningkatkan nilai jualnya, lele bisa diolah kembali menjadi produk makanan sebelum didistribusikan kepada konsumen.

Pemesanan kolam fiber

Nah, jika anda membutuhkan bak fiber untuk pembesaran bibit lele dan ikan koi atau pemijahan, silakan menghubungi kami PT Ramdhani Jaya, dengan kontak marketing Bpk. Kamsah Kertapernata 0812 3151 1935 (WhatsApp). Disini tersedia kolam dengan beragam ukuran, volume, dan harga.

Produk Lainnya :  Kursi Tunggu Fiber Keunggulan Material Utama Harga Ekonomis
pesan via whatsapp

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 pemikiran di “Kolam Fiber Untuk Alternatif Budidaya Lele