Beragam Keunggulan Bak Fiber Untuk Budidaya Ikan Koi


Ikan koi masih menjadi komoditi menggiurkan di pasaran sebab jenis ikan yang satu ini punya banyak penggemar. Tak heran banyak peternak ikan fokus hanya untuk memijah ikan yang punya corak warna indah ini. Pemijahan ikan koi memerlukan persiapan matang. Salah satu media pendukung yang tidak boleh luput dari perhatian adalah kolam. Kolam bisa dipergunakan untuk memelihara burayak ataupun induk koi. Kolam juga bisa dipakai sebagai tempat memijah. Bak fiber bisa menjadi alternatif karena punya banyak keunggulan.

bak fiber

Ukuran bak fiber beragam

Keunggulan pertama adalah bak fiber tersedia dalam beragam ukuran. Jadi sangat mudah untuk menentukan ukuran yang pas sesuai dengan jumlah ikan yang ingin diternakkan. Budidaya koi bersasarkan wikipedia bisa dimulai dari kecil, bahkan dengan memanfaatkan lahat sempit pun bisa. Untuk permulaan, anda bisa memakai kolam berukuran mulai 200x100x70, 200x100x80, atau yang lebih besar. Kedalaman juga harus mencukupi, paling tidak 50cm. Variabel lain yang juga perlu diperhatikan adalah ketersediaan cahaya matahari. Keunggulan lainnya adalah ringan serta hemat tempat. Karena ringan, proses transportasi jadi jauh lebih mudah. Kolam ini bersifat portable, artinya bisa dipindahkan kemana saja. Terkadang ada penyesuaian yang perlu dilakukan sehingga kita harus memindahkan bak dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dengan bak fiber, semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

bak fiber 2

Bak fiber relatif ringan

Sebenarnya bak ini tidak spesifik untuk koi saja. Budidaya ikan jenis apapun bisa dilakukan. Kolam hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang dibutuhkan untuk budidaya ikan. Meski tergolong ringan, namun kekuatan bak fiber bisa diandalkan. Material fiberglass yang dipakai tidak mudah rusak. Selain itu, material ini juga tahan terhadap suhu tinggi dan paparan sinar matahari. Jadi tidak usah takut meletakkannya di luar ruangan, sebab bak fiber tetap akan awet asalkan dirawat dengan baik. Karena punya kekuatan tinggi, bak fiberglass juga tidak mudah bocor. Ini perlu menjadi perhatian penting sebab bak yang bocor bisa mengancam keselamatan ikan koi yang sedang dibudidayakan.

bak fiber 13

Pada sistem budidaya ikan, benih perlu ditempatkan di dalam wadah khusus untuk memudahkan proses perawatan. Burayak yang baru menetas bisa dipindahkan ke dalam bak lain yang ukurannya lebih kecil. Anda juga bisa menyediakan wadah tambahan untuk pemeliharaan pakan ikan. Benih ikan belum mampu memakan pelet yang ukurannya besar. Selama beberapa minggu ke depan, mereka perlu memakan organisme kecil. Keunggulan lainnya adalah mudah dimodifikasi. Bentuk kolam serta fitur bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya anda membutuhkan kolam yang ada sekat-sekatnya, beli saja bak fiber.

bak fiber 3

Bak fiber menawarkan efisiensi

Budidaya memakai bak fiberglass sangatlah efisien. Kita tidak perlu repot-repot menggali tanah untuk membuat kolam sebab bak bisa diletakkan di atas permukaan tanah. Tingginya pun bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bak yang punya kedalaman lebih bisa menampung lebih banyak ikan. Sebagai pembudidaya, mengetahui tempat favorit koi memijah juga penting. Ikan koi suka menempelkan telurnya pada permukaan tanaman. Sediakan saja kakaban atau jalinan ijuk. Berapa banyak yang harus dibuat? Ini tergantung dari jumlah indukan koi yang ingin diternakkan. Faktor penting lainnya adalah sirkulasi air. Air bergerak sangatlah penting terutama untuk kolam yang ukurannya kecil. Air yang mengalir bisa memberikan suplai oksigen tambahan supaya ikan tidak mudah sakit. Jangan lupa untuk selalu memantau kondisi air karena air yang kotor bisa menjadi media masuknya bibit penyakit.

bak fiber 4

Pemesanan bak fiber

Jika membutuhkan kolam fiber untuk budidaya ikan koi dan lele, anda bisa menghubungi kami PT Ramdhani Jaya, dengan kontak marketing Bpk. Kamsah Kertapernata 0812 3151 1935 (WhatsApp). Kami menyediakan bak dengan beragam ukuran, volume, dan harga.

pesan via whatsapp

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × four =